Apa itu Keyword & Mengapa Penting untuk PPC?

Dalam pemasaran bayar per klik, semuanya dimulai dengan keyword.

Saat Anda menggunakan Google atau mesin pencari lainnya, Anda mengetik kata-kata ke dalam kotak pencarian untuk menemukan apa yang Anda cari. Hasil yang dikembalikan oleh Google – apakah itu hasil organik atau iklan berbayar – ada karena relevan dengan kata-kata di kotak pencarian. Dan jika Anda ingin iklan Anda muncul di halaman, Anda harus menawar keyword itu.

Oleh karena itu, untuk berhasil di PPC, Anda perlu memastikan bahwa Anda menawar keyword yang tepat. Proses ini mencakup beberapa bagian yang bergerak:

  • Penelitian Keyword PPC – Menggunakan alat penelitian keyword dan data analitik untuk menemukan daftar keyword yang sangat relevan dengan penawaran bisnis Anda. Tujuannya adalah untuk muncul di hasil pencarian ketika orang mencari produk atau layanan yang relevan dengan bisnis Anda.
  • Pengelompokan dan Organisasi Keyword – Akun PPC paling efektif mengatur keyword ke dalam kelompok kecil keyword yang terkait erat.
  • Keywoard Negatif – Keyword negatif adalah cara menyaring klik yang tidak diinginkan. Dengan menetapkan keywoard negatif baru, Anda memberi tahu Google penelusuran apa yang tidak Anda inginkan untuk menampilkan iklan Anda.
  • Pengoptimalan Tawaran Keyword – Setiap orang memiliki anggaran terbatas, jadi penting untuk memfokuskan pengeluaran Anda pada keyword yang berkinerja terbaik, tanpa membayar lebih dari yang diperlukan.

Seperti yang Anda lihat, PPC bukan hanya masalah menemukan keyword yang tepat. Untuk mendapatkan peringkat iklan yang tinggi dengan biaya rendah, Anda harus berupaya mencapai relevansi di seluruh akun Anda. Itu berarti memiliki:

  • Struktur akun yang terorganisir
  • Iklan yang ditargetkan dan menarik, dan
  • Halaman arahan yang dioptimalkan

Semua faktor ini akan berkontribusi pada Skor Kualitas keyword Anda – metrik utama yang menentukan di mana iklan Anda ditampilkan dan berapa banyak Anda membayar untuk setiap klik iklan.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang semua konsep ini nanti dalam kursus. Untuk saat ini, mari fokus pada keyword dan bagaimana fungsinya di akun PPC Anda.

Keyword vs. Kueri Penelusuran

Dalam percakapan biasa, istilah "keyword" dan "permintaan pencarian" sering digunakan secara bergantian, tetapi sebenarnya ada perbedaan. Apa perbedaan antara keywoard dan kueri penelusuran?

Keyword adalah abstraksi yang kami ekstrapolasi dari beberapa kueri penelusuran.

Permintaan pencarian adalah kata atau rangkaian kata yang sebenarnya yang diketik oleh pengguna mesin pencari ke dalam kotak pencarian.

Baca Juga : 7 Jenis Earbud yang Berbeda

Sebagai pemasar pencarian, yang kami targetkan adalah keyword. Misalnya, salah satu keyword target Anda mungkin adalah “kacamata hitam”. Saat Anda menawar keywoard kacamata hitam, kueri penelusuran yang memicu iklan Anda mungkin menyertakan variasi seperti “kacamata hitam wanita”, “kacamata hitam penerbang”, atau “kacamata hitam untuk wajah kecil”. Kueri pencarian ini semuanya dipetakan kembali ke keyword utama Anda.

Pentingnya Pengelompokan Keyword

Karena kueri pencarian memiliki begitu banyak variasi, praktik terbaik struktur akun menentukan bahwa pemasar PPC mengelompokkan keyword mereka ke dalam kelompok terkait.

Mengelompokkan dan mengatur keyword Anda secara efektif meningkatkan strategi PPC Anda dengan memungkinkan Anda membuat grup iklan, iklan teks, dan halaman arahan yang lebih relevan dan ramah Skor.

Cara termudah untuk memulai adalah dengan menggunakan alat keyword untuk memecah daftar besar keyword ke dalam grup yang lebih kecil berdasarkan tema. Anda kemudian dapat memecah grup tersebut menjadi grup yang lebih kecil lagi, membentuk hierarki, atau struktur pohon:

Apa itu Keywoard


Struktur ini akan dipetakan ke kampanye Google Ads Anda dan grup iklan dalam kampanye tersebut.
Bagaimana Keyword Bekerja di Iklan PPC Anda

Bagaimana Keyword Bekerja di Iklan PPC Anda

Iklan teks Anda harus relevan dengan keyword yang Anda tawar untuk mendapatkan Skor Kualitas tinggi, yang menentukan di mana iklan Anda muncul dan biaya per klik (BPK) Anda.

Keywoard yang Anda tawar harus benar-benar muncul di iklan Anda untuk menunjukkan relevansi bagi Google dan pencari. Istilah yang dicari pengguna akan muncul dalam huruf tebal di deskripsi iklan, jadi menggunakan keyword lebih dari sekali akan benar-benar membuat iklan Anda “menyala”:


Beberapa tips untuk menggunakan keyword dalam iklan PPC Anda:

  • Coba gunakan keyword di judul dan sekali lagi di baris deskripsi, jika Anda bisa melakukannya sambil tetap menyampaikan manfaat dan menyertakan ajakan bertindak.
  • Tawar pada keyword berekor panjang, yang memiliki persaingan lebih sedikit dan karena itu lebih bertarget dan lebih murah.
  • Pertimbangkan penyisipan keyword dinamis, yang menyisipkan kueri penelusuran yang tepat dari penelusur ke dalam iklan Anda, menjadikannya sangat relevan bagi mereka.
  • Gunakan tautan situs untuk memperluas iklan Anda dan menyertakan lebih banyak keyword terkait.

Jenis Pencocokan Keyword

Saat Anda menawar keyword, Anda memiliki opsi untuk memberi tahu Google seberapa ketat seharusnya saat mencocokkan iklan Anda dengan kueri penelusuran yang relevan. Ada empat jenis pencocokan keyword, dari yang paling ketat hingga yang paling ketat:

  • Pencocokan luas – Ini adalah jenis pencocokan keyword default. Google akan mencocokkan iklan Anda dengan jumlah kueri sebanyak mungkin. Misalnya, jika Anda menawar keyword "pijat", iklan Anda mungkin tampil saat orang menelusuri frasa yang lebih panjang yang menyertakan "pijat", seperti "pijat Miami" atau "terapis pijat jaringan dalam". Iklan Anda mungkin juga tampil untuk penelusuran yang terkait erat seperti “terapi batu panas”.
  • Pencocokan frasa – Jenis pencocokan ini memungkinkan Anda memberi tahu Google untuk menampilkan iklan Anda hanya bila kueri penelusuran menyertakan frasa lengkap, seperti “batu panas”. (Kata-kata harus muncul dalam urutan itu.) Kata-kata lain mungkin disertakan dalam kueri penelusuran sebelum atau sesudah frasa. Mulai Februari 2021, jenis keyword pencocokan frasa telah diperluas untuk mencocokkan lebih banyak kueri, karena jenis keyword pencocokan luas yang dimodifikasi dihentikan dan diserap ke dalam pencocokan frasa).
  • Pencocokan tepat – Jenis pencocokan yang paling ketat, pencocokan tepat memberi tahu Google untuk hanya mencocokkan iklan Anda dengan kueri yang sama persis, kata demi kata, sebagai keyword Anda.

Keyword pencocokan luas memiliki keuntungan memungkinkan jumlah tayangan dan klik maksimum – namun, klik tersebut kurang bertarget dan kemungkinan kecil untuk berkonversi. Semakin ketat jenis pencocokan, semakin sedikit klik yang akan Anda terima, tetapi lalu lintas tersebut akan lebih relevan dan lebih berkualitas.

Semoga bermanfaat

Next Post Previous Post