Bagaimana Algoritma TikTok Bekerja? (+10 Hack untuk Menjadi Viral)

Algoritma Tiktok 2022


Penasaran bagaimana algoritma TikTok bekerja?

Kami membagikan semua detail penting, serta apa yang dapat Anda lakukan agar video Anda ada di sebanyak mungkin Halaman Untuk Anda.

Apa Itu Algoritma TikTok?

Algoritma TikTok adalah sistem kompleks yang dirancang untuk melayani konten pengguna berdasarkan apa yang diyakini sangat menarik.

Menurut TikTok: “Sistem merekomendasikan konten dengan memberi peringkat video berdasarkan kombinasi faktor — mulai dari minat yang Anda ungkapkan sebagai pengguna baru dan menyesuaikan untuk hal-hal yang Anda indikasikan juga tidak Anda minati.”

Bagaimana Algoritma TikTok Bekerja pada 2022?

Mengetahui bahwa algoritme TikTok adalah sistem yang kompleks, ada banyak faktor yang memengaruhi cara konten Anda disajikan kepada pengguna. Hal utama yang dievaluasi oleh algoritma TikTok adalah aktivitas pengguna, materi video, lokasi dan bahasa, audio, dan umpan balik “Tidak Tertarik”.

Mari kita uraikan:

1. Aktivitas Pengguna

Semakin banyak keterlibatan dan penayangan yang diterima video TikTok, semakin besar kemungkinan video itu akan ditayangkan kepada audiens yang lebih besar. Indikator positif meliputi:
  • Like/suka
  • Comments/komentar
  • Share/brbagi
  • Completions and re-watches /penyelesaian dan tontonan ulang

2. Subyek (Informasi Video)

TikTok hebat dalam mengkategorikan konten berdasarkan minat pengguna, jadi materi pelajaran merupakan faktor penting dalam mencapai potensi di aplikasi.

TikTok menentukan materi pelajaran dari:
  • Kata kunci teks
  • Musik/Suara
  • Hashtag
  • Efek
  • Konten (yaitu transkrip video)

3. Lokasi dan Bahasa

Algoritme mengenali setelan perangkat pengguna (termasuk lokasi dan bahasa) saat memutuskan siapa yang mungkin tertarik dengan video. Ini termasuk:
  • Lokasi posting
  • Preferensi bahasa
  • Jenis perangkat seluler

4. Audio

Saat video menyertakan suara atau lagu yang sedang tren, algoritme akan menggunakan ini untuk mengategorikan konten Anda dan menayangkannya kepada pemirsa yang relevan.

Memanfaatkan audio yang sedang tren adalah cara yang bagus untuk menjangkau pemirsa baru, karena algoritme akan menayangkan video Anda kepada orang-orang yang telah terlibat dengan tren tersebut.

5. Umpan Balik "Tidak Tertarik"

Algoritme TikTok selalu berusaha menyajikan video dengan minat tinggi kepada setiap pengguna, dan menggunakan aktivitas sebelumnya untuk menentukan ini:

  • Video yang Anda tandai sebagai "Tidak Tertarik"
  • Pengguna yang Anda sembunyikan
  • Video yang Anda lewati
Masing-masing faktor ini ditimbang secara individual oleh sistem rekomendasi TikTok (dengan beberapa indikator lebih penting daripada yang lain), yang berarti setiap halaman Untuk Anda benar-benar unik.

Faktor-Faktor Yang Tidak Mempengaruhi Algoritma TikTok

Ada beberapa faktor yang tidak memengaruhi bagaimana algoritme TikTok memeringkat konten Anda. Ini termasuk:
  • Jumlah pengikut
  • Apakah Anda pernah memiliki video berperforma tinggi sebelumnya
Artinya, meskipun Anda hanya memiliki sedikit pengikut, atau belum pernah memposting ke TikTok sebelumnya, masih ada peluang bagi video Anda untuk menjadi viral. Hore!

Cara Memanipulasi Algoritma TikTok Untuk Lebih Banyak Tayangan di 2022

Algoritma TikTok selalu beradaptasi, berubah, dan belajar dari perilaku pengguna.

Berdasarkan semua yang kami ketahui tentang cara kerja algoritme, berikut adalah 10 cara untuk meningkatkan kinerja Anda dan mengalahkan algoritme untuk pertumbuhan:
  1. Kaitkan Pemirsa Anda Dalam Tiga Detik
  2. Fokus pada Niche
  3. Gunakan Audio TikTok yang Sedang Tren
  4. Bereksperimenlah dengan Fitur TikTok Baru
  5. Gunakan Hashtag yang Relevan
  6. Terlibat dengan Pembuat Konten Serupa
  7. Buat Konten yang Dapat Diakses
  8. Temukan Waktu Terbaik untuk Posting
  9. Buat Video Lebih Pendek
  10. Jangan Hapus Konten Lama

TikTok Algorithm Hack #1: Kaitkan Audiens Anda Dalam Tiga Detik

Karena menonton video secara penuh adalah indikator minat yang kuat, TikTok biasanya menyukai video yang mudah dicerna, memiliki pengulangan yang mulus, dan melayani pengguna yang memiliki rentang perhatian yang pendek.

Karena itu, sangat penting untuk menarik audiens Anda dalam tiga detik pertama.

Dengan lebih dari 1B pengguna aktif bulanan di aplikasi, orang ingin segera dihibur atau mereka yang berikutnya.

Ketika video memiliki daya tarik yang menarik, pemirsa kemungkinan besar akan menonton sampai akhir atau bahkan berulang-ulang.

Jenis keterlibatan pengguna ini memberi sinyal kepada algoritme bahwa orang-orang menikmati konten dan sebagai hasilnya, konten tersebut harus dibagikan kepada lebih banyak pengguna.

TikTok Algorithm Hack #2: Fokus pada Niche

Semakin konsisten Anda membagikan video yang terkait dengan niche Anda, semakin algoritme TikTok akan mengenali keahlian Anda dan mulai menyajikan konten Anda kepada audiens yang tepat.

Pikirkan tentang tema konten yang paling sesuai dengan audiens target Anda. Apakah itu tutorial kecantikan, saran kencan, sketsa komedi, ulasan?

Setelah Anda menentukan niche Anda, tambahkan kata kunci secara konsisten ke teks dan konten video Anda. Berikan algoritme semua yang diperlukan untuk mengkategorikan konten Anda.

TikTok Algorithm Hack #3: Gunakan Trending TikTok Audio

Tak perlu dikatakan bahwa audio yang sedang tren dan TikTok menjadi seperti rumah yang terbakar.

Karena algoritme TikTok cenderung menyukai video yang menggunakan suara yang sedang tren, pertimbangkan untuk mengikuti tren saat masih populer.

Cara Menemukan Audio Trending di TikTok:
  1. Gulir ke TikTok untuk melihat apakah ada lagu atau klip audio yang berulang. Jika menurut Anda klip sedang tren, ketuk musik untuk melihat berapa banyak pengguna yang telah membuat video dengan suara tersebut.
  2. Periksa tab "TikTok Viral" melalui editor video. Pilih tombol "Suara" untuk menelusuri trek audio trending terbaru.

TikTok Algorithm Hack #4: Bereksperimenlah Dengan Fitur TikTok Baru

TikTok adalah tentang menguji air dan mencoba ide-ide baru.

Menjadi pengguna "beta" untuk alat yang akan datang dapat berperan dalam mendapatkan lebih banyak keterlibatan pada konten Anda. Terutama karena TikTok menyoroti alat dan fitur apa yang Anda gunakan untuk mengedit video saat Anda memposting.

Awasi rilis fitur baru, Anda mungkin ingin mencobanya untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas!

TikTok Algorithm Hack #5: Gunakan Tagar yang Relevan

Mirip dengan Instagram, Hashtag di TikTok membantu mengkategorikan konten dan memudahkan pengguna untuk mencari konten.

Tetapi penting untuk menggunakan tagar yang relevan. Anggap saja sebagai kata kunci — mereka akan memberi sinyal ke algoritme TikTok tentang konten Anda.

Misalnya, jika Anda seorang konsultan pemasaran Instagram, Anda dapat menggunakan tagar seperti #instagramtips, #smmtips, atau #socialmediamarketing.

Menyertakan tagar tersebut pada dasarnya memberi tahu algoritme, “Hei, TikTok, lihat ke sini! Akun kami membagikan tips dan trik untuk pengelola media sosial. Tolong tunjukkan video kami kepada para pengguna itu.”

Dan jika Anda sedang mengikuti tren, pastikan untuk menggunakan tagar tren yang sesuai dalam teks Anda juga.

TikTok Algorithm Hack #6: Terlibat dengan Pembuat Konten di Niche Anda

Media sosial dimaksudkan untuk menjadi sosial — jadi penting untuk tidak memposting dan membuat hantu!

Membalas komentar dan memulai percakapan dengan pembuat konten serupa di niche Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan Anda, yang merupakan indikator utama untuk algoritme TikTok.

TikTok Algorithm Hack #7: Buat Konten yang Dapat Diakses

Membuat konten yang dapat diakses adalah peretasan algoritme lain yang berharga, dan juga akan membuat konten Anda lebih inklusif.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menambahkan teks dan keterangan di layar.

Semakin mudah diakses video Anda, semakin banyak orang dapat melihat dan terlibat dengan konten Anda.

Menarik dibaca : Rekomendasi HP 2 Jutaan

TikTok Algorithm Hack #8: Temukan Waktu Terbaik untuk Posting

Meskipun algoritme TikTok memberi peringkat konten berdasarkan kombinasi faktor, memposting pada waktu paling optimal Anda tetap berharga.

Mengapa? Jika Anda memposting saat sebagian besar komunitas Anda online, Anda akan segera menjangkau lebih banyak orang.

Namun, tidak ada waktu terbaik universal untuk memposting di TikTok — itu akan bervariasi tergantung pada lokasi audiens Anda dan kebiasaan menggulir.

Jadi mencari tahu kapan audiens Anda paling aktif adalah kuncinya.

TikTok Algorithm Hack #9: Buat Video Lebih Singkat

TikTok telah secara bertahap meningkatkan batas video selama beberapa tahun terakhir. 15 detik pertama. Kemudian satu menit. Kemudian tiga menit. Dan sekarang memperpanjang durasi videonya menjadi 10 menit.

Meskipun ini menciptakan lebih banyak peluang untuk mendongeng atau menjadi kreatif, tidak diragukan lagi bahwa 10 menit sangat lama — terutama pada platform di mana pendek adalah kuncinya.

Algoritme TikTok menghargai konten yang ditonton sepanjang waktu, jadi membidik 15-30 detik yang cepat adalah tempat yang baik untuk memulai.

Namun, jika Anda ingin bereksperimen dengan video berdurasi panjang, cobalah dan lihat bagaimana respons audiens Anda.

Hack Algoritma TikTok #10: Jangan Hapus Konten Lama

Video TikTok bisa menjadi viral berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, setelah diposting.

Jadi, ada kemungkinan besar bahwa dengan irama posting yang konsisten, salah satu video Anda akan mendapat tempat di Halaman Untuk Anda.

Dan jika salah satu video lama Anda mendapatkan momentum, Anda akan memiliki banyak konten serupa yang dapat digulir dan digunakan oleh pengguna.

Kesimpulan...

Pada akhirnya, tidak ada cara pasti untuk "mengalahkan" algoritma TikTok.

Namun, memahami cara kerja algoritme TikTok dan mengikuti peretasan yang kami bagikan di pos ini dapat membantu Anda menyempurnakan strategi dan meningkatkan peluang Anda untuk terlihat.

Bersikap konsisten dan membangun kehadiran yang kuat adalah cara paling ampuh untuk "meretas" algoritme — dan itu juga akan memberikan keajaiban bagi merek Anda.
Next Post Previous Post