Bagaimana Cara Kerja Google Ads di 2022? Panduan Visual Lengkap

Artikel bantuan Google Ads tentu sangat membantu, tetapi ketika harus memahami dengan tepat cara kerja Google Ads, itu tidak begitu jelas. Dan tanyakan kepada pakar PPC yang sangat bersemangat tentang cara kerja lelang Google Ads dan mereka mungkin juga menjadi juru lelang yang sebenarnya.

Namun, sesulit apapun memahami cara kerja Google Ads, penting untuk diketahui agar Anda dapat membuat keputusan yang tepat dengan iklan Anda. Jadi, dalam panduan ini, saya akan membantu Anda mempelajari cara kerja Google Ads sekali dan untuk selamanya—dengan tur langkah demi langkah, (bisa kami katakan) visual yang sangat bagus, dan bagian FAQ di bagian akhir .

Apakah Google Ads berfungsi?

Anda mungkin berpikir bahwa sebagai bisnis pemasaran digital, tentu saja kami akan mengatakan ya. Tapi inilah fakta dan statistik yang mendukung pendirian kami:

  • High intent (niat tinggi): Orang-orang menemukan Google Ads bukan saat menggulir dengan santai, tetapi saat mencari sesuatu secara proaktif. Hasil Google Ads menerima 65% klik untuk membeli kata kunci, vs 35% untuk hasil organik.
  • Cost-effective (hemat biaya): Iklan Anda hanya tampil jika relevan, Anda dapat menetapkan batas pembelanjaan Anda, dan Anda dapat menjadwalkan iklan Anda untuk muncul pada waktu yang optimal. Google Ads dapat memberikan ROI 800%—yaitu, $8 untuk setiap $1 yang dibelanjakan.

  • Kredibilitas: Google adalah mesin pencari paling populer dan tepercaya di dunia, itulah sebabnya 63% orang mengatakan mereka akan mengklik iklan Google, vs 15% untuk iklan Amazon, 9% untuk YouTube, dan 6% untuk Bing .
  • Pengukuran yang jelas: Dengan data tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak, Anda dapat menyesuaikan teks iklan, tawaran, dan struktur akun sesuai untuk memaksimalkan anggaran Anda.
  • Hasil langsung: SEO adalah suatu keharusan untuk bisnis, tetapi butuh waktu untuk menentukan peringkat secara organik. Iklan Google Penelusuran langsung muncul.

Mengingat hal di atas, tidak mengherankan jika 80% dari semua bisnis fokus pada Google Ads untuk PPC. Tentu saja, seberapa baik Google Ads bekerja bergantung pada seberapa baik Anda mengelola akun—Anda dapat menggunakan Performance Grader Google Ads Gratis kami untuk memastikan Anda melakukan semuanya dengan benar.

Bagaimana cara kerja Google Ads? (TLDR)

Sekarang jika ini bukan pertanyaan yang dimuat, kami tidak akan mendedikasikan seluruh pos dan infografis untuk itu. Meski begitu, selalu membantu untuk melihat gambaran lengkapnya terlebih dahulu sebelum masuk ke rumput liar. Jadi, inilah run-through cepatnya:

  1. Pengiklan membuat iklan yang menargetkan (menawar) kata kunci.
  2. Seseorang mencari di Google.
  3. Jika ada iklan yang menargetkan kata kunci yang relevan dengan penelusuran tersebut, lelang akan dipicu.
  4. Google memasukkan semua iklan yang relevan ke dalam lelang, hanya satu iklan per akun.
  5. Kemudian menggunakan rumus Angka Mutu dan Peringkat Iklan untuk memilih pemenang.
  6. Pengiklan hanya membayar ketika iklan mereka diklik.

Sekarang mari kita lihat lebih dekat apa rumus itu dan bagaimana semuanya diterjemahkan ke dalam ROI 800%.

Cara kerja lelang Google Ads

Mengetahui cara kerja lelang Google Ads penting bagi semua orang. Konsumen dapat melihat mengapa iklan tertentu ditampilkan kepada mereka dan pengiklan dapat memahami mengapa penting untuk mempertahankan akun mereka. Berikut ini rincian lengkap lelang Google Ads yang berkaitan dengan iklan Penelusuran (kita akan membahas tentang Belanja dan Display di bagian FAQ).

1. Pengiklan membuat iklan berdasarkan kata kunci

Ini adalah penawaran kata kunci Anda. Tidak seperti lelang biasa di mana peserta menawar produk, pengiklan di lelang Google Ads menawar keyword. Misalnya, agen adopsi hewan peliharaan dapat membuat iklan yang menargetkan sekelompok kata kunci seperti pencari hewan peliharaan, adopsi hewan peliharaan, penyelamatan hewan peliharaan, penampungan hewan, dan banyak lagi. Mereka kemudian akan memberi tahu Google tawaran maksimum mereka—jumlah tertinggi yang bersedia mereka bayar untuk sebuah klik pada iklan itu (kita akan membicarakannya lebih lanjut nanti).


Iklan ini dan kata kunci terkaitnya membentuk kumpulan pengiklan untuk lelang Google Ads.

2. Seseorang mencari di Google

Ini disebut pertanyaan! Perhatikan bahwa demi posting ini, kueri dan kata kunci pada dasarnya sama, perbedaannya adalah bahwa kata kunci adalah istilah yang ditargetkan pengiklan sementara kueri adalah istilah aktual yang diketik pengguna.


Terkadang kueri sama persis dengan kata kunci sementara di lain waktu relevan. Yang membawa kita ke langkah berikutnya.

3. Google mencari kecocokan

Ini disebut pencocokan kata kunci. Google akan memindai melalui kumpulan pengiklan yang kami sebutkan di atas untuk melihat apakah ada pengiklan yang menawar kata kunci yang menurut (Google) relevan dengan kueri itu.


Terkadang, seperti untuk penelusuran maksud informasi, tidak ada kata kunci relevan yang berkeliaran di kumpulan pengiklan. Namun dalam banyak kasus (untuk 3 miliar dari 5,6 miliar pencarian setiap hari) ada, dan seperti yang disebutkan di atas, ini mungkin atau mungkin tidak sama persis dengan kueri. (Sebenarnya ada tiga jenis pencocokan berbeda yang dapat Anda pilih untuk kata kunci Anda, yang akan kita bicarakan di FAQ)

Sebagai contoh sederhana, jika kuerinya adalah adopsi hewan peliharaan, Google mungkin menganggap kata kunci seperti adopsi hewan peliharaan, tempat penampungan penyelamatan, pencari hewan peliharaan, dan membeli anjing (di antara ratusan, bahkan mungkin ribuan lainnya) paling relevan dengan kueri dan lokasi pengguna. . Jadi, mengingat ada kata kunci di pool

4. Lelang dimulai!

Artinya, untuk setiap akun yang menawar satu atau beberapa kata kunci yang relevan dengan kueri, Google akan memilih satu kata kunci per akun untuk diikutsertakan dalam lelang—dan iklan yang sesuai untuk akun tersebut untuk kata kunci tersebut. Masuk akal?

Tetapi mengingat fakta bahwa ada lebih dari empat juta pengiklan Google, satu lelang iklan dapat berisi ribuan iklan, dan hanya ada sedikit tempat untuk menampilkan iklan Google di SERP: masing-masing tiga atau empat di bagian atas dan bawah .

Lalu bagaimana cara Google menentukan pemenangnya?

Bagaimana cara Google memilih iklan yang akan ditampilkan?

Bagian terbaik dari lelang Google Ads adalah pemenangnya belum tentu penawar tertinggi. Google mempertimbangkan beberapa faktor sehingga dapat memilih iklan yang paling relevan dan berkualitas tinggi bagi pengguna. Ini adalah berita bagus untuk bisnis kecil yang menjalankan Google Ads. Inilah cara Google memutuskan:

Langkah #1: Angka Mutu

Pertama, Google memberi setiap iklan Skor Kualitas dari 1-10 berdasarkan tiga hal:

  • Relevansi: Seberapa relevan iklan Anda dengan maksud kueri.
  • Rasio klik-tayang yang diharapkan: Seberapa besar kemungkinan iklan Anda diklik jika ditampilkan, berdasarkan riwayat kinerja Anda dalam kaitannya dengan pesaing.
  • Pengalaman pengguna: seberapa relevan laman landas Anda dengan iklan Anda dan seberapa bermanfaat pengalaman tersebut.

Langkah #2: Peringkat Iklan

Selanjutnya, Google menggunakan Skor Kualitas setiap iklan untuk menghitung Peringkat Iklannya:

Peringkat Iklan = Angka Mutu X tawaran maksimum


“Peringkat” di Peringkat Iklan dapat sedikit membingungkan karena biasanya kami menganggap peringkat satu sebagai yang terbaik. Namun dalam hal ini, semakin tinggi Peringkat Iklan Anda, semakin baik. Tidak ada skor Peringkat Iklan yang sempurna untuk dicari karena tergantung pada biaya kata kunci.

Jadi dalam contoh kita di bawah ini, Sam memiliki Angka Mutu 10 dan tawaran maks $2. Jadi Peringkat Iklannya adalah 10 x 2 = 20. Jane, di sisi lain, memiliki tawaran maksimum yang lebih tinggi tetapi Skor Kualitasnya hanya 1, jadi Peringkat Iklannya adalah 8. Dia tidak berhasil masuk ke SERP. (Saatnya untuk meningkatkan Angka Mutu itu, Jane).


Langkah #3: Biaya per klik

Langkah terakhir dalam lelang adalah harga. Pengiklan hanya membayar jika seorang pencari mengklik iklan mereka (karenanya istilah bayar per klik/PPC). Tapi ini bukan harga tetap, satu ukuran untuk semua. Itu juga belum tentu tawaran maksimum pengiklan.

Biaya per klik Anda = Peringkat iklan pengiklan di bawah Anda / QS Anda + $0,01

Pada contoh di bawah ini, Sam berada di posisi #1. Skor Kualitasnya adalah 10 dan Peringkat Iklannya adalah 20. Iklan Mary, tepat di bawahnya, memiliki Peringkat Iklan 16. Jadi, biaya per klik sebenarnya Sam adalah 16/10 + 0,01= $1,61.

Perhatikan bagaimana ini dibandingkan dengan Pat. Skor Kualitas Pat adalah 2, Peringkat Iklan 12, dan biaya per klik $4,01. Dia muncul dua tempat di bawah Sam meskipun dia membayar lebih banyak per klik dan memiliki tawaran maksimum yang lebih tinggi.

Jadi kita dapat melihat di sini bahwa tawaran maksimum diperhitungkan dalam lelang (karena digunakan untuk menentukan Skor Kualitas yang digunakan untuk menentukan Peringkat Iklan), tetapi bukan faktor HANYA. Dan faktanya, Google menghargai iklan berkualitas lebih tinggi dengan biaya per klik yang lebih rendah.

Dan itulah mengapa ROI untuk Google Ads bisa sangat tinggi: Penelusur hanya melihat iklan yang relevan dengan penelusuran mereka (dan kemungkinan besar mereka mengeklik) dan pengiklan membayar harga serendah mungkin untuk setiap kueri. Ini adalah win-win!

Bagaimana cara kerja Google Ads: Visual lengkap

Mari kita gabungkan semuanya menjadi satu mega, informatif, dan mungkin kita bisa mengatakan infografis yang sangat bagus:

lihat infografis Klik Gambar Penuh

FAQ lainnya tentang cara kerja Google Ads

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang muncul tentang lelang Google Ads untuk membantu Anda lebih memahami cara kerja iklan Google.

Apa itu kata kunci?

Istilah yang diketik ke mesin pencari oleh orang-orang yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Misalnya, jika Anda mengiklankan agen adopsi hewan peliharaan Anda, Anda dapat menargetkan pencari hewan peliharaan, adopsi hewan peliharaan, dan penyelamatan anjing.

Berapa banyak kata kunci yang harus saya targetkan per grup iklan?

Google menyarankan tidak lebih dari 30 kata kunci per grup iklan, tetapi kami menyarankan tidak lebih dari 20. Untuk konteks, dalam struktur akun Google Ads yang ideal, Anda memiliki kampanye (Penelusuran, Display, dll.), lalu grup iklan dalam kampanye tersebut (maks. 7-10 grup iklan per kampanye), lalu iklan dan kata kunci dalam setiap grup iklan.

Grup iklan yang ideal terdiri dari 2-3 iklan (yang semuanya mengarah ke halaman arahan yang sama) serta kata kunci yang mereka targetkan (tidak lebih dari 20).

Bagaimana cara menentukan kata kunci mana yang akan ditawar?

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan alat penelitian kata kunci yang akan menunjukkan kepada Anda berapa kali kata kunci itu dicari per bulan, biaya rata-rata per klik pada kata kunci itu, dan seberapa kompetitif kata kunci itu. Anda dapat menggunakan Alat Kata Kunci Gratis kami untuk ini atau lihat daftar alat penelitian kata kunci kami di sini. Oh, dan tentu saja, inilah panduan kami untuk riset kata kunci!

Apa perbedaan antara kata kunci dan kueri?

Keduanya merujuk pada istilah yang dicari di mesin telusur, tetapi kata kunci umumnya merujuk pada istilah yang ditargetkan pengiklan sementara kueri adalah istilah aktual yang diketik pengguna. Terkadang kueri sama persis dengan kata kunci sementara di lain waktu relevan.

Apa itu tawaran maksimum?

Ini adalah jumlah tertinggi yang bersedia Anda bayarkan untuk sebuah klik pada iklan Anda. Google mengalikan Skor Kualitas Anda dengan tawaran maksimum Anda untuk menentukan Peringkat Iklan Anda, yang kemudian menentukan apakah iklan Anda akan muncul di SERP atau tidak.

Bagaimana cara kerja tawaran maksimum dengan strategi penawaran otomatis?

Ini adalah pertanyaan yang bagus, karena ya, dalam contoh kami di atas, kami berasumsi bahwa kami menggunakan strategi penawaran CPC manual dan ada banyak strategi penawaran otomatis lainnya yang cara kerjanya berbeda. Sebagai contoh:

  • Untuk penawaran CPM: Jika tawaran CPM dimasukkan ke dalam lelang dengan tawaran CPM dan tawaran CPC, teknologi BPSe Google digunakan untuk menentukan tawaran (biaya efektif per 1000 tayangan untuk tawaran CPM dan tawaran CPC).
  • Untuk penawaran CPA: Bila Anda menggunakan penawaran berbasis konversi untuk mencapai CPA atau target nilai konversi, Google menentukan tawaran CPC maks. Anda berdasarkan data konversi historis untuk mencapai sasaran keseluruhan Anda.

Apakah lelang Google Ads berjalan untuk setiap penelusuran?

Tidak! Semuanya bermuara pada niat pencarian. Untuk pencarian informasi (cara merawat hewan peliharaan; cara memulai agen adopsi hewan peliharaan), sepertinya tidak. Tetapi untuk kata kunci tujuan transaksional dan komersial (beli raket tenis online), Anda akan selalu melihat iklan.

Bagaimana cara kerja jenis pencocokan?

Saat Anda memilih kata kunci untuk ditargetkan di iklan Anda, Anda harus memilih jenis pencocokan. Google Ads memiliki tiga:

  • Pencocokan luas: Google mungkin menampilkan iklan Anda untuk penelusuran apa pun yang menyertakan atau terkait dengan kata kunci Anda.
  • Pencocokan frasa: Iklan Anda dapat tampil untuk penelusuran yang menyertakan arti kata kunci Anda.
  • Pencocokan persis: Iklan Anda dapat tampil untuk penelusuran yang memiliki arti yang sama dengan kata kunci Anda.

Perilaku pencocokan kata kunci berkembang dengan teknologi Google, tetapi inilah bagan Google saat ini:

Apa itu Angka Mutu yang baik?

Skor Kualitas Google Ads berkisar dari 1-10, tetapi tidak selalu harus berusaha untuk 10. Faktanya, banyak pengiklan menemukan bahwa beberapa iklan dengan performa tertinggi memiliki Skor Kualitas "rendah". Apakah ini berarti Angka Mutu tidak penting? Tentu saja tidak—ini adalah faktor peringkat algoritme iklan. Namun itu berarti bahwa Skor Kualitas yang baik terlihat berbeda untuk jenis kata kunci yang berbeda. Inilah yang harus diperjuangkan:

  • Kata kunci bermerek: 8-10
  • Kata kunci komersial dengan maksud tinggi: 7-9
  • Kata kunci dengan maksud rendah: 7
  • Kata kunci pesaing: 3+

Apa itu Peringkat Iklan yang bagus?

Tidak seperti Angka Mutu, Peringkat Iklan Google Ads tidak memiliki rentang yang terbatas. Ini karena rumus untuk Peringkat Iklan adalah Angka Mutu dikalikan dengan tawaran maksimum—dan tawaran maksimum semuanya bergantung pada taksiran biaya per klik dan persaingan untuk kata kunci tersebut. Hal utama yang perlu diingat untuk Peringkat Iklan adalah semakin tinggi Peringkat Iklan Anda, semakin tinggi posisi iklan Anda di SERP; dan Anda dapat meningkatkan Peringkat Iklan dengan meningkatkan Angka Mutu.

Berapa biaya per klik yang bagus di Google Ads?

Ini semua tergantung pada industri Anda, karena beberapa lebih kompetitif daripada yang lain. Menurut tolok ukur penelusuran berbayar kami, rata-rata biaya per klik di Google Ads di semua industri adalah $3,53, mulai dari $1,40 (real estat) hingga $8,67 (layanan hukum).

Berapa biaya Google Ads?

Ini bergantung pada industri, audiens, anggaran, dan seberapa optimal akun Anda. Buka pos kami tentang berapa biaya Google Ads untuk menentukan apa yang dapat Anda harapkan untuk dibelanjakan per bulan.

Bagaimana cara kerja penagihan Google Ads?

Ada tiga opsi pembayaran di Google Ads:

  • Pembayaran otomatis: dapatkan tagihan secara otomatis setelah iklan Anda berjalan, baik setelah Anda mencapai ambang batas atau setiap 30 hari.
  • Pembayaran manual: bayar sebelum iklan Anda berjalan, dan iklan akan berhenti setelah pembayaran Anda habis untuk biaya mendatang, kapan pun Anda mau
  • Faktur bulanan: berlaku jika Anda memenuhi syarat untuk kredit maksimum Google.

Untuk informasi lebih lanjut tentang biaya dan penganggaran Google Ads, buka panduan kami tentang anggaran Google Ads serta panduan kami tentang laporan anggaran Google Ads.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan Google Ads untuk bekerja?

Setelah Anda mengaktifkan iklan, Google biasanya meninjau iklan dalam waktu 24-28 jam. Jika iklan Anda tidak disetujui, lihat panduan kami tentang penolakan Google Ads untuk mendapatkan bantuan.

Bagaimana cara kerja iklan Google Belanja?

Dengan Google Shopping, Anda tidak menawar kata kunci. Sebagai gantinya, Anda mengoptimalkan umpan produk dan menggunakan kata kunci negatif dan pengaturan prioritas untuk mengontrol biaya dan penayangan iklan Anda. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang penawaran prioritas untuk Google Belanja di sini.

Bagaimana cara kerja lelang Google Ads untuk iklan Display?

Lelang iklan bergambar bekerja sangat mirip, tetapi dipicu oleh “penempatan” atau halaman di Google AdSense, tempat penerbit situs web atau aplikasi menyediakan ruang iklan untuk pengiklan Google Ads.” Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang iklan bergambar di sini.

Ya, Iklan Google berfungsi!

Dan itu bungkus! Google Ads berfungsi, selama Anda tahu cara menjalankannya dengan benar. Ikuti tutorial langkah demi langkah kami tentang cara menjalankan Google Ads untuk memulai, lalu gunakan Performance Grader Google Ads gratis kami untuk memastikan Anda tidak membuat kesalahan!

Next Post Previous Post