MENULIS AL-QUR'AN DALAM KEADAAN HADATS
MENULIS AL-QUR'AN DALAM KEADAAN HADATS
Martono adalah seorang pelajar yang sangat gemar dan ahli dalam tulis-menulis, terutama yang berkaitan dengan tulisan arab. suatu ketika Martono mendapatkan tuga untuk menulis teks Ayat Al-Qur'an di papan tulis. sebenarnya Martono enggan untuk menulisnya karena ia dalam keadaan berhadats. Kerena takut sang Guru kecewa atas penolakannya, ia pun melaksanakan apa yang di perintah guru.
Pertanyaan:
Bolehkah bagi orang yang berhadats menulis ayat al-Qur'an
Jawaban:
Dalam hal ini ada perbedaan pendapat diantarapara ulama, namun pendapat yang shahih hukumnya diperbolehkan dengan catatan tanganya tidak boleh menyentuh tulisan tersebut. hukum ini berlaku jika saat Martono menulis ayat-ayat tersebut bertujuan untuk dirosah (belajar) namun apabila tujuannya hanyalah untuk tabaruk maka hukumnya menulis boleh secara mutlak.
Martono adalah seorang pelajar yang sangat gemar dan ahli dalam tulis-menulis, terutama yang berkaitan dengan tulisan arab. suatu ketika Martono mendapatkan tuga untuk menulis teks Ayat Al-Qur'an di papan tulis. sebenarnya Martono enggan untuk menulisnya karena ia dalam keadaan berhadats. Kerena takut sang Guru kecewa atas penolakannya, ia pun melaksanakan apa yang di perintah guru.
Pertanyaan:
Bolehkah bagi orang yang berhadats menulis ayat al-Qur'an
Jawaban:
Dalam hal ini ada perbedaan pendapat diantarapara ulama, namun pendapat yang shahih hukumnya diperbolehkan dengan catatan tanganya tidak boleh menyentuh tulisan tersebut. hukum ini berlaku jika saat Martono menulis ayat-ayat tersebut bertujuan untuk dirosah (belajar) namun apabila tujuannya hanyalah untuk tabaruk maka hukumnya menulis boleh secara mutlak.
المجموع شرح المهذب الجزء الثانى صحــــ 85
اذا كتب المحدث او الجنب مصحفا نظر ان حمله او مسه في حال كتابته حرم والا فالصحيح جوازه لانه غير حامل ولا ماس وفيه وجه مشهور أنه يحرم ووجه ثالث حكاه الماوردى أنه يحرم على الجنب دون المحدث إهــ
شرح البحجة الوردية الجزء الثانى صحـــ 77
(والكتاب على مس خلا) أي ولا يمنع الحدث كتب القران إدا خلا المكتوب عن مس وحمل وقوله عن مس خلا من زيادته وكذا قوله (و) لايمنع (الحمل) للمصف (في المتاع) إذا لم يكن المصحف مقصودا بالحمل لعدم الإخلال بتعظيمه إهـــ
Semoga bermanfaat. Jika ada tambahan/pendapat lain silahkan komentar di bawah
Baca juga: