Ange Postecoglou menikmati tantangan membuktikan keraguan yang salah di Tottenham


Dalam konferensi pers pertamanya, Ange Postecoglou, seorang pelatih asal Australia, merenungkan kenangan masa kecilnya saat ia menonton pemain hebat Spurs pada tahun 1980-an. Dia menyambut dengan senang hati kesempatan untuk membuktikan bahwa keraguan yang ada di kalangan orang-orang di Tottenham salah, setelah mengklaim bahwa dirinya harus "sempurna" untuk mencapai tahap karir manajerialnya saat ini.

Perjalanan panjangnya dalam kepelatihan selama hampir tiga dekade membawanya dari Melbourne ke London, melalui pengalaman di Yokohama dan Glasgow.

Prestasi yang ia raih mengikuti langkah-langkah pelatih berusia 57 tahun itu, namun sekarang tugasnya adalah membangun kembali tim Spurs yang membutuhkan perbaikan besar-besaran. Klub ini belum meraih trofi sejak tahun 2008 dan finis di posisi kedelapan dalam Liga Premier musim lalu.

"Dalam diri saya, saya suka menang," ujar Postecoglou dalam konferensi pers pertamanya. "Saya tidak akan melakukan pekerjaan ini kecuali saya yakin bisa meraih kemenangan. Itu adalah niat saya."

"Saya telah beruntung di masa lalu karena meraih kesuksesan, tetapi ketika saya merenungkan pekerjaan yang pernah saya lakukan, yang saya lihat bukanlah sekadar kesuksesan yang telah saya raih, melainkan tantangan yang harus saya hadapi karena saya sadar bahwa semuanya tidak akan selalu berjalan mulus."

"Pasti akan ada banyak orang yang meragukan kemampuan saya. Itulah saat ketika keyakinan dan tekad Anda diuji. Ini bukan hanya tentang diri saya secara pribadi, tetapi juga tentang klub ini, tim ini secara keseluruhan, dan saya senang menghadapinya dan bergerak maju."

"Inilah yang paling menarik bagi saya dalam posisi ini. Selain berada di klub sepak bola besar dan kompetisi utama di dunia, kesempatan untuk melakukan sesuatu yang orang akan lihat dan menghargai dalam berbagai hal. Saya menyukainya."

Penunjukan Postecoglou sebagai manajer Tottenham terjadi setelah satu bulan perjalanan waktu sejak tanggal 6 Juni. Sebelumnya, ia berhasil membawa Celtic meraih lima trofi dalam dua musimnya di Skotlandia, meskipun awalnya menghadapi berbagai kesulitan di Glasgow.

Sekarang, ia ditugaskan untuk memimpin sebuah klub yang sangat membutuhkan arahan dan perubahan budaya setelah periode kepelatihan Jose Mourinho dan Antonio Conte yang menjauhkan Tottenham dari gaya sepak bola menyerang yang selalu dikaitkan dengan sejarah mereka.

Postecoglou mengenang momen ketika ia menyaksikan kemenangan Piala FA tahun 1981 oleh Ricky Villa dan mengakui bahwa tantangan untuk mengembalikan hari-hari kejayaan Spurs terlalu besar untuk ditolak.

Baca Juga : David de Gea Meninggalkan Manchester United Setelah 12 Tahun Mengabdi: Catat Prestasi 190 Clean Sheet

Ia menambahkan, "Istri saya tahu betul bahwa saya tidak bisa menolak tantangan seperti ini. Saya selalu mengikuti firasat saya dalam hal-hal seperti ini. Saya tahu kapan saya berada dalam kondisi terbaik dan saya berada dalam kondisi terbaik ketika menghadapi tantangan yang paling besar. Menurut saya, tantangan ini sesuai dengan semua hal yang ingin saya capai."

"Bagi saya yang datang dari latar belakang saya, duduk di sini sekarang, saya perlu memiliki insting yang kuat untuk tahu kapan harus melangkah maju, karena saya harus bekerja tanpa cela dalam karier saya untuk mencapai titik ini."

"Mungkin karena saya adalah seorang manajer asal Australia, tidak ada yang akan menilai saya. Jadi, jika saya menghadapi kegagalan yang signifikan di sepanjang jalan, saya tidak akan pernah sampai di sini. Bagian dari proses ini adalah menyadari bahwa saya harus terus bergerak maju untuk menjadi yang terbaik."

"Bahkan jika saya bertahan di klub ini selama lima tahun, saya tidak akan pernah puas dengan posisi kami saat ini. Saya akan selalu mencari cara untuk terus berkembang."

"Kunci utamanya adalah ada kesempatan di sini untuk membuat dampak lagi dalam dunia sepak bola, dan saya selalu berusaha melakukan itu di setiap klub yang pernah saya tangani."

Ketika diminta untuk mengingat kenangan tentang tim Spurs, Postecoglou berkata, "Saya ingat Ricky Villa dan Ossie Ardiles, tentu saja. Saya ingat final Piala FA itu."

"Bagi saya, itu adalah kenangan terbaik masa kecil saya. Saya pernah menyebutkannya sebelumnya, karena saat itu saya bersama ayah saya, jam 2 pagi. Saya sebagai seorang anak duduk di sofa menonton pertandingan sepak bola."

"Glenn Hoddle, seorang maestro mutlak, dan pemain-pemain seperti itu memberikan kesan kuat di seluruh dunia."

"Ada banyak tim dan pemain Tottenham pada masa itu yang meninggalkan kenangan kuat dalam hidup saya saat masih kecil."

"Saya telah meraih banyak kesuksesan dalam karier saya, tetapi itu juga terjadi karena saya memainkan sepak bola dengan cara tertentu."

"Saya berani mengatakan bahwa salah satu faktor terbesar yang membuat klub ini memilih saya adalah karena mereka melihat hal itu. Dan itulah yang akan saya coba sampaikan."

"Sepertinya itu sesuai dengan harapan para penggemar klub ini. Kami ingin memberikan hiburan dan pada saat yang sama meraih kemenangan, mencetak gol, dan menjadi tim yang menyenangkan. Mereka tidak ingin melihat tim mereka hanya bertahan."

"Tentu ada berbagai cara untuk meraih kemenangan, tetapi tujuan kami adalah mencoba membuat klub sepak bola ini menjadi tontonan yang menarik bagi semua orang."

Next Post Previous Post