Hadis ke-36 | Bab Wudhu' - Terjemah Ibanatul Ahkam

Ibanatul Ahkam

Redaksi Hadis ke-36 Ibanatul Ahkam

٣٦- وَعَنْ لَقِيطِ بْنُ صَبْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أسْبِغِ الْوُضُوءَ، وَخَلَّلْ بَيْنَ الْأَصَابِعِ، وَبَالِغْ فِي الإِسْتِنْشَاقِ، إِلَّا أَنْ تَكُونَ صَائِمًا". أَخْرَجَهُ الْأَرْبَعَةُ، وَصَحَّحَهُ ابْنُ خُزَيْمَةً. وَلِأَبِي دَاوُدَ فِي رِوَايَةٍ: "إِذَا تَوَضَّأْتَ فَمَضْمِضْ"

36. Dari Laqith ibn Shabirah (r.a), beliau berkata: Rasulullah (s.a.w) bersabda, "Sempurnakanlah wudukmu, menyelipkan air di antara jari-jari, dan lakukanlah istinsyaq dengan kuat, kecuali jika kamu sedang berpuasa." (Disebut oleh al-Arba'ah, dan dinilai sahih oleh Ibn Khuzaimah).

Menurut salah satu riwayat oleh Abu Dawud: "Apabila kamu berwuduk, maka berkumurlah."

Makna Umum hadis

أمرنا الشارع حالة الوضوء أن نلاحظ إكماله وإتمامه ونلاحظ أيضاً الأعضاء الغير ظاهرة وهى ما بين الأصابع ومراعاة دخول الماء إليها وتنظيفها وكذا في الاستنشاق بإيصال ماء الأنف إلى داخله كل ذلك من أجل إسباغ الوضوء وإتمامه

Syariat Islam memerintahkan kita untuk berwuduk dengan benar dan sempurna serta memastikan anggota wuduk yang tidak terlihat secara jelas terbasuh, seperti celah-celah di antara jari-jemari. Hal ini harus diperhatikan dan dipastikan bahwa air masuk ke dalamnya sekaligus membersihkannya. Demikian pula, diperintahkan agar dalam beristinsyaq kita melakukannya dengan kuat dengan memasukkan air ke dalam lubang hidung. Semua ini dilakukan demi menyempurnakan wuduk.

Analisa Lafadz

أسبغ الوضوء : أتم فرائضه وسننه والاسباغ في اللغة الاتمــــام واستكمال الأعضاء

خلل : التخليل إدخال الماء بين الأصابع

وبالغ : المبالغة تكون بإيصال ماء الأنف إلى داخله بحيث لا يصل الماء إلى الدماغ وإلا كره

أسبغ الوضوء”, sempurnakanlah fardu-fardu dan sunat-sunatnya. Al-Isbagh menurut bahasa artinya menyempurnakan.

خلل”, al-Takhlil ialah mencelah-celahi, yakni memasukkan air ke sela sela jari-jemari dan membersihkannya.

وبالغ”, al-mubalaghah dalam ber-istinsyaq ialah memasukkan air ke dalam lubang hidung dengan kuat, tetapi air tidak sampai masuk ke dalam bagian otak. Jika sampai masuk ke dalam bagian otak, maka hukumnya makruh.

Unsur Fikih

1- استحباب إسباغ الوضوء ( إتمامه واستكمال الأعضاء)
2- مشروعية تخليل الأصابع ليصل الماء إلى داخلها
3- مشروعية المبالغة فى الاستنشاق إلا للصائم لئلا يتسرب إلى حلقه من الماء ما يفطره
4- مشروعية المضمضة فى الوضوء والجمهور على ندبها وذهب جماعة إلى وجوبها وهو المشهور عن أحمد وعند أبي حنيفة تجب المضمضة والاستنشاق في الغسل دون الوضوء

  1. Disunatkan untuk menyempurnakan wuduk dengan meratakan air ke seluruh anggota tubuh yang wajib dibasuh dan diusap.
  2. Dianjurkan mencela-celahi jari-jemari agar air sampai ke bagian dalam celah-celahnya.
  3. Dianjurkan ber-mubalaghah dalam ber-istinsyaq, kecuali bagi orang yang sedang berpuasa agar air tidak dikhuatiri masuk ke dalam tenggorokan dan dapat membatalkan puasa.
  4. Dianjurkan berkumur-kumur ketika berwuduk. Jumhur ulama berpendapat, hukumnya sunat, sedangkan menurut sekelompok ulama yang lain, wajib, dan inilah pendapat yang masyhur dari Imam Ahmad. Menurut Imam Abu Hanifah, wajib berkumur-kumur dan istinsyaq hanya dilakukan ketika mandi, bukan ketika berwuduk.

Periwayat Hadis

لقيط بن عامر بن صبرة صحابي مشهور معدود في أهل الطائف روى (٢٤) حديثا وروى عنه ابنه عاصم وابن أخيه وكيع بن عدس

Laqith ibn 'Amir ibn Shabirah adalah seorang sahabat yang terkenal yang berasal dari al-Tha'if. Beliau meriwayatkan sejumlah 24 hadis. Anaknya yang bernama ‘Ashim dan anak saudaranya yang bernama Waqi' ibn Adas juga mengambil riwayat daripadanya.

Lanjut baca Hadis ke-37 Terjemah Ibanatul Ahkam

Next Post Previous Post