Hadis ke-38 | Bab Wudhu' - Terjemah Ibanatul Ahkam
Redaksi Hadis ke-38
۳۸- عَنْ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ زَيْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَتَى بِثْلُثَيْ مُدِّ، فَجَعَلَ يَدْلُكَ ذِرَاعَيْهِ.
أَخْرَجَهُ أَحْمَدُ وَصَحَّحَهُ ابْنَ خُزَيْمَةَ.
38. Dari Abdullah ibn Zaid (r.a), beliau berkata: "Didatangkan kepada Nabi (s.a.w) dua pertiga mudd air lalu baginda menggosok kedua lengannya." (Disebut oleh Imam Ahmad dan dinilai sahih oleh Ibn Khuzaimah)
Makna Umum hadis
الاسراف مضيعة للمال وفعل الرسول كان تشريعاً لامته فقد توضأ بمكيال صغير يسع رطلا وثلث مع إمرار يده على أعضائه لتعميم الأعضاء بالماء وتعهد مخابئها وليس هذا بتحديد ولكنه تقريب بالنسبة لمن كان بدنه كبدنه ولهذا فإن القدر الذي يتوضأ به يختلف باختلاف الأشخاص والأحوال.
Berlebihan dalam menggunakan air sama dengan membazirkan
harta, dan perbuatan Rasulullah (s.a.w) adalah syariat bagi umatnya. Baginda
pernah berwuduk dengan menggunakan air yang sedikit, di mana isinya satu
pertiga rithl. Air itu baginda gosokkan dengan tangannya ke seluruh anggota
wuduk dan setiap tempat yang tersembunyi agar semuanya terkena air. Ukuran
tersebut bukanlah batasan minimum, sebaliknya ia hanya berlandaskan perkiraan
apabila dikaitkan dengan orang yang besar badannya sama dengan badan Nabi (s.a.w).
Oleh itu, kadar atau jumlah air yang digunakan berbeza antara seorang dengan
orang lain mengikut keadaan mereka masing-masing.
Analisa Lafadz
بثلثى مد : المد مكيال معروف وهو ربع صاع
ويساوى رطلين عند الحنفية فثلثى المد رطل وهو ملء كف الانسان المعتدل ومنه سمى مدا
لأنه يمد يده بهما . وثلثى مثنى ثلث مجرور بالباء وعلامة جره الياء لأنه مثنى ومد
مضاف إليه وقال مالك وأحمد والشافعي المـد رطل وثلث رطل عراقى فيكون ثلثى المد
ثمانية أتساع الرطل
ذراعيه : تثنية ذراع فكل ما ثنى من الأعضاء في
الانسان فهو مثنى غالباً وما أفرد فهو مذكر
"بِثْلُثَيْ مُدِّ" adalah nama takaran yang telah dikenal, yaitu sama dengan satu perempat sha' dan setara dengan dua rithl menurut pandangan mazhab Hanafi. Jadi, dua pertiga mudd adalah satu rithl, yaitu sama dengan takaran penuh telapak tangan manusia yang berukuran sedang. Oleh karena itu, ia dinamakan "mudd" karena orang yang bersangkutan membentangkan kedua telapak tangannya. Lafaz "mudd" adalah bentuk mutsanna dari lafaz "tsulutsun," yang berarti dua pertiga. Ia di-jarr-kan oleh huruf "ba'" dan ditandai dengan alamat jarr menggunakan huruf "ya'" karena termasuk isim mutsanna, sementara lafaz "mudd" berkedudukan sebagai mudhaf ilaih. Imam Malik, Imam Ahmad, dan Imam al-Syafi'i menyatakan bahwa satu mudd sama dengan satu pertiga rithl Iraq. Dengan demikian, dua pertiga mudd setara dengan delapan persembilan rithl Iraq.
"ذِرَاعَيْهِ" adalah bentuk tatsniyah dan lafaz "dzira'un," yang berarti kedua lengannya. Setiap nama anggota tubuh manusia yang berpasangan biasanya ditulis dalam bentuk mu'annats, sementara anggota tubuh yang tunggal ditulis dalam bentuk mudzakkar.
Unsur Fikih
- عدم الاسراف في استعمال الوضوء .
- مشروعية ذلك أعضاء الوضوء وهو سنة عند
الجمهـــور.
وفرض عند المالكية لأنهم يرون الدلك داخلا في
مسمى الغسل اللغوى
- Tidak boleh berlebihan dalam menggunakan air saat berwudhu.
- Disyariatkan menggosok anggota tubuh saat berwudhu. Menurut jumhur ulama, hukumnya sunat.
Menurut mazhab Maliki,
hukumnya fardu karena mereka berpendapat bahwa menggosok termasuk ke dalam
pengertian al-ghusl (membasuh) dalam istilah bahasa.
Perawi Hadis
عبد الله بن زيد بن عبد ربه بن زيد بن الحارث
الأنصاري الخزرجي أبو محمد شهد العقبة وبدرا وما بعدها من المشاهد له حديث وهو
الذي أرى النداء له روى عنه ابن المسيب وغيره مات بالمدينة سنة اثنين وثلاثين وصلى
عليه عثمان.
'Abdullah ibn Zaid ibn 'Abdu Rabbih ibn Zaid ibn al-Harits al-Anshari al-Khazraji, nama panggilannya adalah Abu Muhammad. Beliau turut serta dalam Perjanjian al-'Aqabah, Perang Badar, dan peperangan sesudahnya. Beliau hanya mempunyai satu hadis yang di dalamnya menegaskan bahwa beliau adalah orang yang bermimpi kalimat adzan. Ibn al-Musayyab dan lain-lain mengambil riwayat daripadanya. Beliau meninggal dunia di Madinah pada tahun 32 Hijriah, dan Khalifah 'Utsman turut menyolatkan jenazahnya.
Lanjut baca Hadis ke-39 Terjemah Ibanatul Ahkam